Minggu, 11 Maret 2012

HIKAYAT

hari ini saya akan membahas tentang HIKAYAT., pelajarin ini saya dapat sekitar 2 bulan yang lalu, dari guru b.indonesia saya,, pak sudarsi.

semoga tulisan saya dapat brmanfaat:)



HIKAYAT adalah cerita tentang kehidupan raja raja atau dewa dewa yang dihiasi oleh dongeng yang bersifat khayal.

contoh hikayat ;
  • hikayat si miskin dari melayu asli
  • hikayat hang tuah dari melayu asli
  • hikayat ramayana dari india
  • hikayat mahabrata dari india
  • hikayat sang boma dari india
jenis jenis HIKAYAT ;
  • Cerita berbingkai ; yaitu cerita yang didalamnya terdapat sisipan, kadang dalam sisipan terdapat pula sisipan sehinnga terbentuklah cerita bersusun
  • cerita panji ; yaitu hikayat yang berasal dari kesusastraan jawa.contoh :hikayat panji jayang tilam,hikayat panji simerang dan hikayat dalang indra kusuma
  • ambo ; yaitu cerita atau sejarah kenyataan tetapi di campur dengan khayalan, di jawa di sebut babad

nah..., semoga tulisan saya dapat bermanfaat bagi pembaca.

sekian tQ ^_^

2 komentar: